Pengembangan Media Flashcard Berbasis Booklet Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas V SDN 5 Bendorejo

Authors

  • Hardiyanti Aprilya Hapsari* Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung
  • Frita Devi Asriyanti Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung

Keywords:

Media Flashcard, Booklet

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Media Flashcard Berbasis Booklet pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Siswa kelas V SDN 5 Bendorejo. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Data penelitian ini mengguanakan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, validasi ahli media dan materi serta angket respon siswa dan respon guru. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor sebesar 80% dan dinyatakan valid digunakan. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 98,2% yang berarti materi yang digunakan pada media sangat valid digunakan. Selain itu, media pembelajaran Flashcard memenuhi standar usability, yakni sebesar 95.3 % atau “baik”. Media ini memiliki warna dan tampilan yang menarik sesuai dengan usia anak sekolah dasar. Media ini berisikan materi mengenai pernapasan dan disajikan menggunakan bahasa baku sehingga mudah dipahami oleh siswa.

References

Ahmad Yani, dkk.,(2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo, Jurnal Biologi Science & Education, Vol. 7 No. 1, 4.

Azhar Arsyad, “Media Pembelajaran,” (Jakarta: Rajawali Pers 2014)

Buttner, Amy. 2013. AktivitasPermainan Dan Strategi Penilaian Untuk Kelas Bahasa Asing. Jakarta: PT Indeks.

Djumingin, Sulastrinigsih. "Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia." Makassar: Badan PenerbitUNM(2010).

Friendaha Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran IlmuPengetahuan Social Pada Siswa Sekolah Dasar,” Pendidikan Dasar, V I, No. 2, (Desember 2019), H. 93

Kasihani K.E Suyanto, English for Young Learners Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik, (Jakarta : Bumi Aksara, 2007), hlm 109

Nunuk Suryani, “Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya,” (Bandung: Rosda Karya 2018),

Pratiwi, Devyana, Annisa Novia Larasati, and ImyaLesinaBerutu. "PentingnyaInovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21." BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 5, no. 2 (2022): 211-216.

Rayanto, Yudi Hari. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute, 2020.

Rudi Susilana dan Cepiriyana, Media Pembelajaran, hlm. 94.

Sadiman. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana.2009Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Hapsari, H. A., & Asriyanti, F. D. (2023). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Booklet Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas V SDN 5 Bendorejo. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 880–884. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/509