Pengembangan Media Flashcard Berbasis Booklet Pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan Pada Siswa Kelas V SDN 5 Bendorejo
Keywords:
Media Flashcard, BookletAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengembangan Media Flashcard Berbasis Booklet pada Pembelajaran IPA Materi Sistem Pernapasan pada Siswa kelas V SDN 5 Bendorejo. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementasi dan Evaluation). Data penelitian ini mengguanakan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, validasi ahli media dan materi serta angket respon siswa dan respon guru. Hasil dari penelitian ini yaitu berdasarkan hasil validasi dari ahli media mendapatkan skor sebesar 80% dan dinyatakan valid digunakan. Sedangkan hasil validasi dari ahli materi mendapatkan skor 98,2% yang berarti materi yang digunakan pada media sangat valid digunakan. Selain itu, media pembelajaran Flashcard memenuhi standar usability, yakni sebesar 95.3 % atau “baik”. Media ini memiliki warna dan tampilan yang menarik sesuai dengan usia anak sekolah dasar. Media ini berisikan materi mengenai pernapasan dan disajikan menggunakan bahasa baku sehingga mudah dipahami oleh siswa.
References
Ahmad Yani, dkk.,(2018). Efektivitas Pendekatan Saintifik dengan Media Booklet Higher Order Thinking Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA di Kabupaten Wajo, Jurnal Biologi Science & Education, Vol. 7 No. 1, 4.
Azhar Arsyad, “Media Pembelajaran,” (Jakarta: Rajawali Pers 2014)
Buttner, Amy. 2013. AktivitasPermainan Dan Strategi Penilaian Untuk Kelas Bahasa Asing. Jakarta: PT Indeks.
Djumingin, Sulastrinigsih. "Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia." Makassar: Badan PenerbitUNM(2010).
Friendaha Yuanta, “Pengembangan Media Video Pembelajaran IlmuPengetahuan Social Pada Siswa Sekolah Dasar,” Pendidikan Dasar, V I, No. 2, (Desember 2019), H. 93
Kasihani K.E Suyanto, English for Young Learners Melejitkan Potensi Anak Melalui English Class yang Fun, Asyik, dan Menarik, (Jakarta : Bumi Aksara, 2007), hlm 109
Nunuk Suryani, “Media Pembelajaran Inovatif Dan Pengembangannya,” (Bandung: Rosda Karya 2018),
Pratiwi, Devyana, Annisa Novia Larasati, and ImyaLesinaBerutu. "PentingnyaInovasi Media Pembelajaran Berbasis Digital di Abad-21." BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology) 5, no. 2 (2022): 211-216.
Rayanto, Yudi Hari. Penelitian Pengembangan Model Addie Dan R2d2: Teori & Praktek. Lembaga Academic & Research Institute, 2020.
Rudi Susilana dan Cepiriyana, Media Pembelajaran, hlm. 94.
Sadiman. 2006. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sanjaya, Wina. 2013. Penelitian Pendidikan, Jenis, Metode dan Prosedur. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Susilana, Rudi, dan Cepi Riyana.2009Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hardiyanti Aprilya Hapsari, Frita Devi Asriyanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.