EduCurio: Education Curiosity https://qjurnal.my.id/index.php/educurio <div style="text-align: justify;"><strong>EduCurio</strong>: <strong>Education Curiosity<em> </em></strong>[p-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221031132157058" target="_blank" rel="noopener"><strong>2964-6146</strong></a> | e-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20221022541652734" target="_blank" rel="noopener"><strong>2963-0339</strong></a>] menerbitkan artikel tentang bidang Pendidikan dan Pembelajaran secara umum. Berisi artikel yang merupakan hasil penelitian yang ditulis oleh para ahli, ilmuwan, praktisi, guru, dosen dan reviewer di bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun, yaitu pada bulan Maret, Juli dan November. Jurnal ini diterbitkan oleh ...[<a href="https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/about" target="_blank" rel="noopener">Baca Selengkapnya Klik Disini</a>]</div> en-US <h3>License and Copyright Agreement</h3> <ol> <li class="show">Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.</li> <li>Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.</li> <li class="show">Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under <em>Creative Commons Attribution License</em> <a href="http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/" target="_blank" rel="noopener"><strong>(CC BY 4.0)</strong></a> that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal. </li> <li class="show">Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.</li> <li class="show">Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.</li> </ol> jurnalq17@gmail.com (Agus Dian Mawardi, M.Pd ) jurnalq17@gmail.com (Ihsan ) Mon, 05 Aug 2024 10:12:17 +0700 OJS 3.3.0.11 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Pendidikan Karakter Dengan Dimensi Beriman, Bertakwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa Dan Berakhlak Mulia Dari Kurikulum Merdeka Di Dalam Buku Teks Berjudul “ Bahasa Inggris” Untuk SMA https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/957 <p>Penelitian ini bertujuan menemukan nilai pendidikan karakter berdasarkan Kurikulum Merdeka dengan Dimensi Beriman,Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia, untuk mengetahui apakah buku teks “Bahasa Inggris” terbitan 2016 masih relevan digunakan didalam kurikulum merdeka. Penelitian ini di desain sebagai penelitian Deskriptif Kualitatif yang menggunakan buku teks berjudul “Bahasa Ingris” sebagai sumber data. Peneliti menggunakan document checklist sebagai instrumen untuk mengumpulkan data, guna menjawab pertanyaan penelitian. Berdasarkan hasil analisis data konten yang terdapat didalam buku teks berjudul “Bahasa Inggris” terbitan 2016 tidak memenuhi semua indicator dalam pendidikan karakter berdasarkan kurikulum merdeka dengan dimensi beriman, bertaqwa serta berahlak mulia. Terdapat lima unsur kepada Tuhan yang Maha Esa yakni Akhlak beragama, diri sendiri, manusia, alam serta benegara. Hasil aalisis menunjukkan bahwa elemen akhlak beragama terdapat pada subelemen melaksanakan ritual ibadah, namun tidak terdapat pada sub unsur mengenal dan mencintai Tuhan Yang Maha Esa dan pemahaman agama/kepercayaan. Elemen&nbsp; akhlak pribadi terdapat pada subelemen integritas, tetapi tidak terdapat pada subelemen merawat diri baik jasmani, rohani, dan rohani.pada elemen akhlak terhadap manusia terdapat pada seluruh subelemen beserta indikatornya. Pada elemen akhlak terhadap alam terdapat pada seluruh sub elemen namun tidak memenuhi seluruh indikator. Pada Elemen akhlak beragama ditemukan pada subelemen menjalankan kewajiban sebagai warga negara Indonesia tidak terdapat pada hak sebagai warga negara Indonesia. Dari hasil ini, disimpulkan bahwa buku teks berjudul “Bahasa Inggris” terbitan 2016 tidak memenuhi standar pendidikan karakter dalam kurikulum merdeka.</p> Miftahul Jannah*, Yendra, Elmiati Copyright (c) 2024 Miftahul Jannah, Yendra, Elmiati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/957 Mon, 05 Aug 2024 00:00:00 +0700 Perspektif Mahasiswa Gamers Terhadap Prestasi Akademik Di Universitas Bhinneka PGRI https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/970 <p>Game merupakan sarana hiburan yang dapat dimainkan dan dinikmati dimana saja oleh semua kalangan tidak terkecuali mahasiswa, khususnya mahasiswa Universitas Bhinneka PGRI. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa perspektif mahasiswa gamers terhadap prestasi akademik serta bagaimana para gamers mengatur waktu antara bermain game dan belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil&nbsp; penelitian dari 6 responden mengungkapkan hal yang sama, bahwa perspektif mahasiswa gamers terhadap prestasi penting. Selain itu manajemen waktu atau pembagian waktu yang mereka terapkan merupakan faktor yang dapat menjaga nilai IPK mereka untuk tetap stabil sedangkan bermain game merupakan bentuk hiburan untuk mengisi waktu luang mereka sehingga mahasiswa mengetahui prioritas mereka.&nbsp; Kesimpulannya adalah bahwa perspektif mahasiswa gamers terhadap prestasi akademik penting, dan mahasiswa gamers mampu untuk menjaga prestasi akademik, serta bermain game merupan motivasi mereka dalam mempertahankan serta meningkatkan prestasi akademik.</p> Gilang Jarot Syuhudi Copyright (c) 2024 Gilang Jarot Syuhudi https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/970 Sat, 10 Aug 2024 00:00:00 +0700 Meningkatkan Aktivitas dan Motivasi Menggunakan Model Manis Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 2 Banjarmasin https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/974 <p>Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan tindakan guru, meneliti peningkatan aktivitas siswa, dan mengevaluasi motivasi. Penelitian ini menggunakan teknik <em>Pedagogical Content Knowledge</em> (PTK), dengan menggunakan sampel 16 siswa kelas V SDN Pemurus Dalam 2 Banjarmasin pada semester II tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi untuk mengumpulkan informasi tentang aktivitas guru, aktivitas siswa, dan motivasi. Analisis data diberikan dalam bentuk narasi deskriptif, tabel, dan grafik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru selama pertemuan 1 hingga 4 memenuhi standar "sangat baik". Tingkat keterlibatan siswa dalam pertemuan 1 hingga 4 meningkat dari "sebagian kecil siswa yang aktif" menjadi "hampir semua siswa sangat aktif". Tingkat motivasi pada pertemuan 1 hingga 4 meningkat dari "sebagian besar siswa tinggi" menjadi "hampir semua siswa sangat tinggi". Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model MANIS memiliki kapasitas untuk meningkatkan keterlibatan guru, keterlibatan siswa, dan antusiasme siswa. Adapun saran bagi guru, siswa, kepala sekolah, dan peneliti lain mencakup bahwa penelitian ini dapat berfungsi sebagai opsi yang layak untuk meningkatkan keterlibatan guru, keterlibatan siswa, dan motivasi.</p> Nur Aulia Fajerina Puteri*, Noorhapizah Copyright (c) 2024 Nur Aulia Fajerina Puteri, Noorhapizah https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/974 Wed, 14 Aug 2024 00:00:00 +0700 Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Muatan PPKn Menggunakan Model Project Based Learning, Numbered Head Together, dan Make A Match Di Kelas V SDN Melayu 6 Banjarmasin https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/975 <p><span class="s3">Rendahnya aktivitas belajar menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada materi PPKn. Dengan adanya penelitian ini, SDN Melayu 6 Banjarmasin berharap dapat mengatasi masalah rendahnya partisipasi siswa dan hasil belajar pada kurikulum PPKn</span><span class="s3">. Untuk m</span><span class="s3">engatasi permasalahan tersebut maka dilaksanakan proses pembelajaran dengan model </span><span class="s17">Project Based Learning, Numbered Head Together</span><span class="s3">, dan </span><span class="s17">Make a Match</span><span class="s3">. </span><span class="s3">Tiga pertemuan dilaksanakan sebagai komponen Penelitian Tindakan Kelas yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik yang digunakan melibatkan penggunaan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan mengamati tindakan siswa dan guru</span><span class="s3">. Di sisi lain, data kuantitatif berasal dari ujian tertulis. Menurut penelitian, telah terjadi peningkatan di sejumlah area, termasuk hasil pembelajaran, aktivitas siswa, dan aktivitas instruktur. Aktivitas untuk siswa mampu memenuhi kebutuhan bahwa hampir semuanya sangat terlibat dalam pembelajaran tradisional. dan hasil pembelajaran siswa secara individu dan klasik mampu mencapai tingkat ketuntasan yang ditetapkan yaitu 70 dengan proporsi 80% atau lebih tinggi.</span></p> Niswatun Huaida*, Asrani Copyright (c) 2024 Niswatun Huaida, Asrani https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/975 Wed, 14 Aug 2024 00:00:00 +0700 Analisis Nilai Sosial Pada Tari Japin Balingkah https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/981 <p>Pendidikan karakter pada perguruan tinggi bertujuan untuk meningkatkan mutu serta hasil pendidikan yang mengarah kepada pembentukan karakter yang baik. Implementasi nilai pada perguruan tinggi dapat dilakukan secara makro dan secara mikro. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai sosial dalam Tari Japin Balingkah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah tari Balingkah di Universitas PGRI Kalimantan. Penelitian ini memfokuskan pada nilai sosial yang terkandung didalam tari Japin Balingkah tersebut. Pengumpulan data dilakukan melalui Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi, selanjutnya dilakukan analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan.Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa didalam tari japin Balingkah memiliki nilai Sosial antara lain: (a) Nilai Vital yang berhubungan dengan aktivitas atau nilai yang berguna baik itu sebagai keahlian, ilmu, sebagai sarana telekomunikasi., dan (b) Nilai Kerohanian yang merupakan nilai yang terdapat di dalam jiwa manusia yang terdiri atas nilai estetika, nilai moral, nilai religius, dan nilai logika. Dari nilai-nilai tersebut relevan dengan Visi di Perguruan Tinggi yang berkarakter religius.</p> Dewi Rukmini Sulistyawati*, Rahmani, Suwarjiya, Rizka Agustina Copyright (c) 2024 https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/981 Mon, 19 Aug 2024 00:00:00 +0700 Minat Membaca Buku Elektronik pada Siswa di Tingkat Pendidikan Tinggi https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/993 <p>Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana minat baca mahasiswa terhadap buku elektronic. Penelitian in merupakan penelitian qualitative. Partisipan dari penelitian ini adalah mahasiswa jurnalistik tahun ajaran 2021. Sumber data dari penelitian ini adalah kuisioner yang dibagikan melalui Google form. Data dikumpulkan dengan cara menganalisis hasil kuisioner yang telah diisi oleh partisipan. Ada tiga indicator yang akan membantu peneliti untuk mengukur minat baca siswa, yaitu, perasaan senang membaca ebook, kebutuhan mahasiswa terhadap ebook, dan perhatian mahasiswa saat membaca ebook<em>.</em> Temuan menunjukan bahwa minat baca mahasiswa terhadap ebook di perguruan tinggi termasuk kategori Tinggi (65%), Masing-masing indikator minat baca e-book masuk dalam kategori tinggi yaitu perasaan senang membaca e-book (63%) kebutuhan mahasiswa terhadap e-book (66%), dan perhatian mahasiswa saat membaca ebook (64%).</p> Nazif Baihaqi Taufiq*, Sesmiyanti, Yulmiati Copyright (c) 2024 Nazif Baihaqi Taufiq, Sesmiyanti, Yulmiati https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/993 Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0700 Time Management Behavior: Qualitative Exploration Among College Students https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/984 <p><em>Time management behavior includes a series of actions and habits that individuals do to use their time effectively. This study aims to identify how students apply time management behavior to maximize their personal learning for English language students. This study uses a qualitative methodology. This study uses a purposive sampling technique. This study uses an instrument in the form of interviews by asking questions to participants in the form of a questionnaire. The respondents in this study were 6 students majoring in English education class of 2022 at the University of PGRI West Sumatra. From direct interviews conducted by researchers, the results obtained that students use time management behavior to maximize their personal learning in order to obtain good academic results. So the researcher concluded that the application of time management behavior plays a very important role in the process of students' personal learning. The data shows that students who apply effective time management strategies tend to have better academic achievement than those who do not apply them. Good time management behavior helps students plan and organize their learning activities more systematically.</em></p> Dewi Rindiani Lubis*, Hevriani Sevrika, Herfyna Asty Copyright (c) 2024 Dewi Rindiani Lubis, Hevriani Sevrika, Herfyna Asty https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/984 Tue, 27 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Media Pembelajaran Genially terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi pada Siswa Kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024 https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1004 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran <em>Genially</em> terhadap kemampuan menulis surat resmi pada siswa kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan tahun pembelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain <em>one group pretest posttest design.</em> Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas VII-Ruby yang berjumlah 29 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel <em>Purposive sampling</em>. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan media ini adalah tes tertulis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis surat resmi sebelum menggunakan media pembelajaran <em>Genially</em> diperoleh nilai rata-rata 48,82 termasuk dalam kategori kurang. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis surat resmi sesudah menggunakan media pembelajaran <em>Genially</em> diperoleh nilai rata-rata 86,86 termasuk dalam kategori sangat baik, dengan rincian nilai 75 ada 4 orang (14%), nilai 81 ada 5 orang (17%), nilai 88 ada 11 orang (38%), dan nilai tertinggi 94 ada 9 orang (31%). Berdasarkan uji t diketahui dari nilai t-hitung &gt; t-tabel yaitu 31,96 &gt; 1,70 dengan ini terbukti bahwa hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran <em>Genially</em> terhadap kemampuan menulis surat resmi pada siswa kelas VII SMP IT Ad Durrah Medan Tahun Pembelajaran 2023/2024.</p> Vitri Damayanti*, Hasnidar Copyright (c) 2024 Vitri Damayanti, Hasnidar http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1004 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Media Pembelajaran Flippity terhadap Kemampuan Menulis Teks Pantun Pada Siswa Kelas VII SMP Hang Tuah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025 https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1005 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media <em>Flippity </em>terhadap kemampuan menulis teks pantun pada siswa kelas VII SMP Hang Tuah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. Pada penelitian ini terdapat sampel yaitu siswa kelas VII-2 yang berjumlah 26 siswa sebagai kelas <em>pretest </em>dan <em>posttest design. </em>Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes tertulis. Adapun nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII-2 (sesudah) menggunakan media <em>Flippity</em> yang berjumlah 26 siswa adalah 89,03 dengan kategori sangat baik. Sedangkan nilai rata-rata siswa (sebelum) menggunakan media <em>Flippity </em>yang berjumlah 26 siswa adalah 48,84 dengan kategori kurang. Dari hasil nilai yang didapatkan terdata 8 siswa (26%) dengan kategori baik, 4 siswa (20%) dengan kategori cukup, 3 siswa (17%) dengan kategori kurang dan 11 siswa (37%) dengan kategori sangat kurang. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks pantun sesudah menggunakan Dari paparan di atas hasil hipotesis membuktikan nilai rata-rata kelas VII-2 sesudah menggunakan media <em>Flippity </em>sebesar 89,03 lebih tinggi dari hasil rata-rata siswa sebelum menggunakan media <em>Flippity </em>sebesar 48,84. Dari uraian terssebut, dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media <em>Flippity </em>terhadap kemaampuan menulis teks pantun pada siswa kelas VII SMP Hang Tuah 2 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025. <em>&nbsp;</em></p> Saly Amanda*, Sri Listiana Izar Copyright (c) 2024 Saly Amanda, Sri Listiana Izar http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1005 Sat, 31 Aug 2024 00:00:00 +0700 Group Discussion Strategy in Developing Students’ Critical Thinking Skills in Teaching English as the Implementation of the Merdeka Curriculum https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1006 <p>This research aims to examine the strategies used by teachers to enhance students' critical thinking skills in the context of English language teaching aligned with the Merdeka Curriculum. The study employs qualitative methods, utilizing observation and field notes to collect data on how these strategies are implemented in the classroom. The focus of this research is on identifying specific techniques used by teachers during group discussions to improve student's critical thinking abilities in English language teaching under the Merdeka Curriculum. The findings of this research indicate that group discussions are effectively organized, and students show a significant improvement in critical thinking. The study concludes that integrating group discussion strategies into English language teaching is an effective way to foster students' critical thinking, in line with the Merdeka Curriculum's goal of nurturing independent and reflective learners. This study also provides recommendations for educators on how to optimize group discussions and time management to ensure active student engagement and the development of critical thinking skills.</p> Ajra Bintarania*, Rika Afriyanti, M. Khairi Ikhsan Copyright (c) 2024 Ajra Bintarania, Rika Afriyanti, M. Khairi Ikhsan http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1006 Tue, 03 Sep 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 18 Sunggal Tahun Pembelajaran 2024/2025 https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1008 <p><span class="s3">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran </span><span class="s18">Mind Mapping</span> <span class="s3">terhadap kemampuan menulis teks </span><span class="s3">laporan hasil observasi pada</span><span class="s3"> siswa kelas </span><span class="s3">X </span><span class="s3">SM</span><span class="s3">A</span><span class="s3"> Muhammadiyah </span><span class="s3">18 Sunggal</span><span class="s3"> tahun pembelajaran 202</span><span class="s3">4</span><span class="s3">/202</span><span class="s3">5</span><span class="s3">. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas </span><span class="s3">X </span><span class="s3">S</span><span class="s3">MA</span><span class="s3"> Muhammadiyah </span><span class="s3">18 Sunggal</span><span class="s3">. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas </span><span class="s3">X-3</span><span class="s3"> yang berjumlah 2</span><span class="s3">5</span><span class="s3"> siswa. </span><span class="s3">Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan m</span><span class="s3">etode eksperimen dengan</span><span class="s3"> bentuk</span><span class="s3"> desain </span><span class="s18">one group pretest posttest design. </span><span class="s3">Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model ini adalah tes</span><span class="s3"> tertulis</span><span class="s3">. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan siswa dalam menulis teks</span><span class="s3"> laporan hasil observasi</span><span class="s3"> sebelum menggunakan model pembelajaran </span><span class="s18">M</span><span class="s18">ind Mapping</span> <span class="s3">rata-rata </span><span class="s3">64,9</span><span class="s3"> termasuk dalam kategori </span><span class="s3">kurang (D)</span><span class="s3">. Sedangkan kemampuan siswa dalam menulis teks </span><span class="s3">laporan hasil observasi</span><span class="s3"> sesudah menggunakan model pembelajaran </span><span class="s18">Mind Mapping</span> <span class="s3">rata-rata </span><span class="s3">83,4</span><span class="s3">termasuk dalam kategori baik</span><span class="s3"> (B) dengan rincian nilai 68 ada 3 orang (12%), nilai 78 ada 3 orang (12%), &nbsp;nilai 81 ada 2 orang (8%), nilai 84 ada 3 orang (12%), nilai 87 ada 9 orang (36%), dan nilai tertinggi 90 ada 5 orang (20%).</span><span class="s3"> Berdasarkan uji t diketahui dari nilai thitung &gt; ttabel yaitu </span><span class="s3">10,3389 &gt; 1,2 </span><span class="s3">dengan ini hipotesis terbukti diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran </span><span class="s18">M</span><span class="s18">ind Mapping</span> <span class="s3">terhadap kemampuan menulis teks </span><span class="s3">laporan hasil observasi </span><span class="s3">pada siswa kelas </span><span class="s3">X </span><span class="s3">SM</span><span class="s3">A</span><span class="s3"> Muhammadiyah</span><span class="s3"> 18 Sunggal</span><span class="s3"> Tahun Pembelajaran 20</span><span class="s3">24/2025</span><span class="s3">.</span></p> Jihan Nabila Lubis*, Hasnidar Copyright (c) 2024 Jihan Nabila Lubis, Hasnida http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1008 Sat, 07 Sep 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Perilaku Asertif Kepala Sekolah terhadap Motivasi Kerja Guru di Mas Darunnajah Cipining https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1013 <p>Pendidikan adalah hak asasi manusia dan merupakan faktor penting dalam pembangunan nasional. Kualitas pendidikan sangat dipengaruhi oleh kualitas guru, yang sering kali dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana motivasi guru dalam bekerja dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah di MAS Darunnajah. Kurangnya motivasi di antara para guru, yang mempengaruhi kualitas pengajaran, menjadi pendorong penelitian ini. Perilaku kepemimpinan kepala sekolah memainkan peran yang penting dalam memotivasi guru untuk melakukan yang terbaik. Dalam teknik pengumpulan data dari para guru untuk studi ini digunakanlah metodologi kuantitatif. Dengan menggunakan survei dan kuesioner di MAS Darunnajah Cipining. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang pentingnya perilaku asertif kepala sekolah dalam meningkatkan motivasi kerja guru, yang pada gilirannya dapat menjadi bahan masukan dalam rangka untuk meningkatkan motivasi kerja guru dalam bekerja, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kinerja akademik.</p> Farasatul Muizzah Al Munawaroh*, M. Yogi Saputra, Musthofa Zahir Copyright (c) 2024 Farasatul Muizzah Al Munawaroh, M. Yogi Saputra, Musthofa Zahir http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1013 Wed, 11 Sep 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Oleh Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Perisai Tahun Pembelajaran 2023/2024 https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1015 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Kutucane Tahun Pembelajaran 2024/2025. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 berjumlah 57 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa dari kelas XI Mia 1 yang berjumlah 300 siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Instrumen yang digunakan oleh peneliti untuk mengukur keberhasilan model. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 sebelum menggunakan model pembelajaran project based learning dikategorikan masih rendah dengan nilai rata- rata 65,3. Sementara itu, kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025 sesudah menggunakan model paembelajaran project based learning termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 85, 1. Uji hipotesis berdasarkan perhitungan uji "t" diperoleh nilai signifikansi "t" sebesar 0,00 yang lebih kecil dari pada nilai 0,05 sehingga Ha dinyatakan terbukti diterima., maka terdapat pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi oleh siswa kelas XI SMA Negeri Perisai Kutacane tahun pembelajaran 2024/2025.</p> Destyanti Azzahra*, Charles Butarbutar Copyright (c) 2024 Destyanti Azzahra, Charles Butarbutar http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1015 Sat, 14 Sep 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Aplikasi Canva terhadap Kemampuan Menulis Cerita Fantasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 26 Medan Tahun Pembelajaran 2024/2025 https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1017 <p>Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 26 Medan. Penelitian ini pendekatan metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode ekperimen. Desain penelitian Posstest-Only Control Desaign. Populasi penelitian adalah seluruh kelas VII yang terdiri dari 9 kelas dengan jumlah 248 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas VII-G ditetapkan sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas VII-I sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah nonprobability sampling karena semua anggota populasi dipilih menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian kemampuan menulis cerita fantasi tanpa menggunakan aplikasi canva rata-rata 53,56 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan kemampuan menulis cerita fantasi dengan menggunakan aplikasi canva rata-rata 81,84 termasuk dalam kategori baik. Diketahui siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 7 siswa atau 21,8% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 8 orang siswa atau 25% dalam kategori cukup, siswa yang memperoleh nilai 40-54 sebanyak 13 orang siswa atau 40,62% dalam kategori kurang baik, yang memperoleh nilai 0-39 sebanyak 4 orang siswa atau 12,5% dalam kategori kurang. Dan siswa yang memperoleh nilai 85-100 sebanyak 11 siswa atau 31,25% dalam kategori sangat baik, siswa yang memperoleh nilai 70-84 sebanyak 16 atau 50% dalam kategori baik, siswa yang memperoleh nilai 55-69 sebanyak 5 orang atau 15,62% dalam kategori cukup. Berdasarkan uji t ini diketahui dari nilai t_hitung yang lebih besar dari t_tabel (10,38 &gt; 1,66), maka penelitian yang dilakukan diterima dan terbukti kebenarannya. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh aplikasi canva terhadap kemampuan menulis cerita fantasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Medan.</p> Mifta Huljannah*, Hasnidar Copyright (c) 2024 Mifta Huljannah, Hasnidar http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1017 Mon, 16 Sep 2024 00:00:00 +0700 The Effectiveness of Project Based Learning on Seventh Grade Students Reading Narative Text of SMPI Al Azhaar Tulungagung https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1019 <p><em>Framed in action research, the authors investigated the perceptions and experiences of a </em><em>cohort of student-teachers as they learned about and explored for the first-time teacher </em><em>research in a self-contained module as part of a four-year pre-service or initial English </em><em>language teacher education (IELTE) programme in southern Argentina. This study aims to </em><em>determine how effective the project-based learning program is in improving English reading </em><em>skills of class VII SMPI Al Azhaar Tulungagung in the 2023/2024 academic year. This </em><em>research uses experimental method. This research was conducted in the classroom, the </em><em>population in this study were students who were in seventh grade junior high school in the </em><em>2023/2024 school year. The total sample in this study was 30 students. This study found </em><em>that students' English reading skills improved after using the project-based learning method. </em><em>The effectiveness can be seen from the difference between the pre-test result of 69,33 and </em><em>post-test result of 74,33 which indicates the effectiveness of the learning outcome.</em></p> Ahmad Saifu Jamalludin Zuhdi Copyright (c) 2024 Ahmad Saifu Jamalludin Zuhdi http://creativecommons.org/licenses/by/4.0/ https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/1019 Sat, 28 Sep 2024 00:00:00 +0700