Pengembangan Digital Marketing Guna Meningkatkan Daya Saing Pada UMKM Donat Fauziah Di Rabangodu Selatan
Keywords:
Pelaku UMKM, Strategi Pemasaran, Digital MarketingAbstract
Tujuan peneltian ini untuk mengetahui pengembangan digital marketing guna meningkatkan daya saing pada UMKM Donat Fauziah Di Rabangodu Selatan. Minimnya pengetahuan akan metode promosi produk pada UMKM Donat Fauziah di Kelurahan Rabangodu Selatan. Membuat cemilan manis kurang dikenal oleh khalayak luas. Dikarenakan kurangnya promosi dalam segi pemasaran dari pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pertama dengan melakukan observasi langsung dan melakukan pelatihan mengenai cara meningkatkan daya saing UMKM melalui strategi pemasaran berbasis digital marketing, dan memberikan tips untuk menjadi seorang wirausahaan yang sukses. Hasil dari kegiatan pelatihan kepemimpinan dalam kewirausahaan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan pelaku UMKM, sehingga para pelaku UMKM sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, dengan adanya pengembangan dalam strategi marketing terutama pada segi promosi produk, dapat bertujuan untuk mengenalkan Donat Fauziah masyarakat luas.
References
Alimuddin, H., Abdullah, A., & Razak, F. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal IPMAS, 3(3), 174-182.
Musa, M. (2022). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL MARKETING. In SEMINAR NASIONAL, CALL for PAPERS & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) (Vol. 7, pp. 741-746). LP2M UNM.
Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Priandi, M. Ronal, etal."PKM peningkatan daya saing olahan keripik singkong rasa jamur melalui pengembangan kemasan dan digital marketing di Desa Petanang program KKN tematik MBKM." PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT 2.1 (2022): 20-29.
Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.
Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Ita Purnama, Fitri Widya Ningsih, Nurul Fadhilah, Rahhima, Nurul Hikmah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.