Pengembangan Digital Marketing Guna Meningkatkan Daya Saing Pada UMKM Donat Fauziah Di Rabangodu Selatan

Authors

  • Ita Purnama* Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Fitri Widya Ningsih Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Nurul Fadhilah Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Rahhima Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Nurul Hikmah Prodi Manajemen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

Keywords:

Pelaku UMKM, Strategi Pemasaran, Digital Marketing

Abstract

Tujuan peneltian ini untuk mengetahui pengembangan digital marketing guna meningkatkan daya saing pada UMKM Donat Fauziah Di Rabangodu Selatan. Minimnya pengetahuan akan metode promosi produk pada UMKM Donat Fauziah di Kelurahan Rabangodu Selatan. Membuat cemilan manis kurang dikenal oleh khalayak luas. Dikarenakan kurangnya promosi dalam segi pemasaran dari pelaku UMKM. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini adalah pertama dengan melakukan observasi langsung dan melakukan pelatihan mengenai cara meningkatkan daya saing UMKM melalui strategi pemasaran berbasis digital marketing, dan memberikan tips untuk menjadi seorang wirausahaan yang sukses. Hasil dari kegiatan pelatihan kepemimpinan dalam kewirausahaan ini sangat bermanfaat karena dapat menambah wawasan dan pengetahuan pelaku UMKM, sehingga para pelaku UMKM sangat antusias dalam mengikuti pelatihan. Oleh karena itu, dengan adanya pengembangan dalam strategi marketing terutama pada segi promosi produk, dapat bertujuan untuk mengenalkan Donat Fauziah masyarakat luas.

References

Alimuddin, H., Abdullah, A., & Razak, F. (2023). Pelatihan Digital Marketing Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Jurnal IPMAS, 3(3), 174-182.

Musa, M. (2022). PENINGKATAN DAYA SAING UMKM MELALUI STRATEGI PEMASARAN BERBASIS DIGITAL MARKETING. In SEMINAR NASIONAL, CALL for PAPERS & PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM) (Vol. 7, pp. 741-746). LP2M UNM.

Naimah, R. J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT: Implementation and Action, 2(2), 119-130.

Priandi, M. Ronal, etal."PKM peningkatan daya saing olahan keripik singkong rasa jamur melalui pengembangan kemasan dan digital marketing di Desa Petanang program KKN tematik MBKM." PORTAL RISET DAN INOVASI PENGABDIAN MASYARAKAT 2.1 (2022): 20-29.

Saputra, D. H., Sutiksno, D. U., Kusuma, A. H. P., Romindo, R., Wahyuni, D., Purnomo, A., & Simarmata, J. (2020). Digital Marketing: Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Yayasan Kita Menulis. Yayasan Kita Menulis.

Sasongko, D., Putri, I. R., Alfiani, V. N., Qiranti, S. D., Sari, R. S., & Allafa, P. E. (2020). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM Makaroni Bajak Laut Kabupaten Temanggung. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 6(2), 92-96.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Purnama, I., Ningsih, F. W., Fadhilah, N., Rahhima, R., & Hikmah, N. (2024). Pengembangan Digital Marketing Guna Meningkatkan Daya Saing Pada UMKM Donat Fauziah Di Rabangodu Selatan. JPEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 155–158. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/view/742