Pelatihan Pemanfaatan Schoology Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru dan Siswa

Authors

  • Khairul Imtihan* Sistem Informasi, STMIK Lombok
  • Ahmad Tantoni Teknik Informatika, STMIK Lombok
  • Mohamad Fauzi Zulkarnaen Sistem Informasi, STMIK Lombok
  • Wire Bagye Teknik Informatika, STMIK Lombok
  • Maulana Ashari Sistem Informasi, STMIK Lombok

Keywords:

Pelatihan; Schoology; Pembelajaran; Guru; Siswa.

Abstract

Peran teknologi informasi dalam proses pembelajaran sangat penting, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terutama dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Schoology Learning Management System merupakan salah satu pilihan sebagai media pembelajaran yang inovatif bagi guru dan siswa. LMS seperti Schoology menyediakan fitur pembelajaran yang cukup lengkap dalam proses pembelajaran daring. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pemanfaatan Schoology sebagai media pembelajaran inovatif untuk guru dan siswa di SMKS Al-Amin Kilang yang berlokasikan di Desa Kilang, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, NTB bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan teknologi pembelajaran, menggali manfaat penggunaan Schoology sebagai media pembelajaran, serta mengevaluasi dampaknya terhadap pengalaman belajar guru dan siswa. Metode kegiatan yang digunakan dengan survei, wawancara dan analisis data dari hasil pre test dan post test terhadap pemahaman guru dan siswa. Tahapan kegiatan pelatihan ini terdiri dari perencanan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa guru dapat merancang, mendesain dan menyampaikan materi pembelajaran secara efektif. Siswa mengungkapkan bahwa proses pembelajaran dengan Schoology memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran yang memungkinkan mereka untuk belajar secara mandiri dengan ketersedian akses ke sumber daya pembelajaran yang mudah, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data penggunaan platform Schoology melalui kuesioner oleh guru dan siswa. Dari 68 peserta yang terdiri dari 13 orang guru dan 55 orang siswa dengan persentasi tingkat pemahaman pada saat pre test sebesar 47.1% mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari hasil post test 79.4%, ada peningkatan sebesar 32.4% dengan demikian kegiatan pelatihan ini dapat memberikan peningkatan pengetahuan baru dalam pengunaan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran.

References

Arifin, A. (2020). Pengaruh Komitmen Guru Dan Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Dan Mutu Sekolah Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kabupaten Sumenep. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.995

Arifin, N., Trinova, N. G. I., & Belo, D. R. T. (2021). Pelatihan Penggunaan Schoology Pada Guru SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 674–680. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11594

Dian Nitami, Khairul Imtihan, Mohamad Taufan Asri Zaen, & Hairul Fahmi. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Media Sosial Menggunakan Adobe Photoshop Pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Di Bagian Perencanaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–167.

Fadila, D., Imtihan, K., Bagye, W., & Muhid, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pemanfaatan Tool Mail Marge Dalam Pembuatan Administrasi Surat Menyurat Di Bagian Sekertariat Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Tengah. JPEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 156–161. http://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/view/329

Fadli, K. I. M. T. A. Z. H. F. M. A. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Penilaian Akhir Semester. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(Vol. 1 No. 4 (2022): November 2022), 575–581. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.1136

Friansah, D., & Yanto, Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoology Bagi Guru Mgmp Matematika Sma/Smk Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848

Ikhwani, N. S., Imtihan, K., Ashari, M., & Tantoni, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Menggunakan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Hardskill Karyawan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 144–149.

Iriani, T., & Anisah. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pembuatan Video Pembelajaran Dan Schoology Penunjang Pembelajaran Daring Untuk Guru SMK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021(, 2021, 42–48. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm

Lusiana, U., Imtihan, K., Bagye, W., Zaen, M. T. A., & Mardi, M. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sidawai Bagi Karyawan Di Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Bagian Sekretariat. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 678–688. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.941

Medan, S. M. K. I., Terang, J., Perangin, K., & Manurung, H. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Edmodo untuk Mendukung Peningkatan Kualitas Pembelajaran di. 2(4), 18–22.

Rahmadoni, J., Arifnur, A. A., & Wahyuni, U. M. (2020). Penerapan Schoology Sebagai Learning Management System Bagi Guru Sman 1 Sutera. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.25077/jhi.v3i2.418

Rosa, N. M., Suryadi, A., & Adawiyah, R. (2022). Penggunaan Social Learning Network Sebagai Media Pembelajaran. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1327–1331. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7536

Salim, S., Jazuli, L. O. A., Nurhayati, N., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2), 151–158. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.11722

Sediyono, E., A. Hasibuan, Z., Setyawan, I., Purnama Harahap, E., & Darmawan, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Website E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Online dengan Content Management System. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i1.815

Sukamta, S., Arief, U. M., Subiyanto, S., Andrasto, T., Ekarini, F., Firdaus, A. A., & Rifaldi, A. (2020). Pelatihan Learning Management System Menggunakan Schoology Pada Guru Di Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 355–360. https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2849

Trisnawati, S. N. I. (2022). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Learning Management System Schoology di SMK Muhammadiyah Delanggu. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–10.

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Imtihan, K., Tantoni, A., Zulkarnaen, M. F., Bagye, W., & Ashari, M. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Schoology Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru dan Siswa. JPEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 97–102. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/view/622