Pelatihan Pemanfaatan Schoology Learning Management System Sebagai Media Pembelajaran Untuk Guru dan Siswa
Keywords:
Pelatihan; Schoology; Pembelajaran; Guru; Siswa.Abstract
Peran teknologi informasi dalam proses pembelajaran sangat penting, pandemi Covid-19 memberikan dampak yang sangat signifikan terutama dalam penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Schoology Learning Management System merupakan salah satu pilihan sebagai media pembelajaran yang inovatif bagi guru dan siswa. LMS seperti Schoology menyediakan fitur pembelajaran yang cukup lengkap dalam proses pembelajaran daring. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat terkait dengan pemanfaatan Schoology sebagai media pembelajaran inovatif untuk guru dan siswa di SMKS Al-Amin Kilang yang berlokasikan di Desa Kilang, Kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, NTB bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru tentang penggunaan teknologi pembelajaran, menggali manfaat penggunaan Schoology sebagai media pembelajaran, serta mengevaluasi dampaknya terhadap pengalaman belajar guru dan siswa. Metode kegiatan yang digunakan dengan survei, wawancara dan analisis data dari hasil pre test dan post test terhadap pemahaman guru dan siswa. Tahapan kegiatan pelatihan ini terdiri dari perencanan, pelaksanaan pelatihan dan evaluasi. Hasil dari kegiatan pelatihan menunjukkan bahwa guru dapat merancang, mendesain dan menyampaikan materi pembelajaran secara efektif. Siswa mengungkapkan bahwa proses pembelajaran dengan Schoology memberikan fleksibilitas dalam pembelajaran yang memungkinkan mereka untuk belajar secara mandiri dengan ketersedian akses ke sumber daya pembelajaran yang mudah, hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil analisis data penggunaan platform Schoology melalui kuesioner oleh guru dan siswa. Dari 68 peserta yang terdiri dari 13 orang guru dan 55 orang siswa dengan persentasi tingkat pemahaman pada saat pre test sebesar 47.1% mengalami peningkatan yang cukup signifikan dari hasil post test 79.4%, ada peningkatan sebesar 32.4% dengan demikian kegiatan pelatihan ini dapat memberikan peningkatan pengetahuan baru dalam pengunaan teknologi pembelajaran dalam meningkatkan mutu pembelajaran.
References
Arifin, A. (2020). Pengaruh Komitmen Guru Dan Strategi Pembelajaran Terhadap Prestasi Dan Mutu Sekolah Pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Di Kabupaten Sumenep. Adaara: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 10(2), 154–164. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v10i2.995
Arifin, N., Trinova, N. G. I., & Belo, D. R. T. (2021). Pelatihan Penggunaan Schoology Pada Guru SMA Negeri 9 Samarinda. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(3), 674–680. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i3.11594
Dian Nitami, Khairul Imtihan, Mohamad Taufan Asri Zaen, & Hairul Fahmi. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Konten Media Sosial Menggunakan Adobe Photoshop Pada Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah Di Bagian Perencanaan. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 162–167.
Fadila, D., Imtihan, K., Bagye, W., & Muhid, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Pemanfaatan Tool Mail Marge Dalam Pembuatan Administrasi Surat Menyurat Di Bagian Sekertariat Pada Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Tengah. JPEMAS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 156–161. http://qjurnal.my.id/index.php/abdicurio/article/view/329
Fadli, K. I. M. T. A. Z. H. F. M. A. S. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Quizizz Untuk Penilaian Akhir Semester. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(Vol. 1 No. 4 (2022): November 2022), 575–581. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i4.1136
Friansah, D., & Yanto, Y. (2020). Pelatihan Learning Management System-Schoology Bagi Guru Mgmp Matematika Sma/Smk Kabupaten Musi Rawas. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 184–195. https://doi.org/10.31540/jpm.v2i2.848
Ikhwani, N. S., Imtihan, K., Ashari, M., & Tantoni, A. (2023). Pelatihan Dan Pendampingan Penyusunan Laporan Menggunakan Microsoft Excel Sebagai Penunjang Hardskill Karyawan Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Tengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 144–149.
Iriani, T., & Anisah. (2021). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Pembuatan Video Pembelajaran Dan Schoology Penunjang Pembelajaran Daring Untuk Guru SMK. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 (SNPPM-2021(, 2021, 42–48. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/snppm
Lusiana, U., Imtihan, K., Bagye, W., Zaen, M. T. A., & Mardi, M. (2023). Pendampingan Dan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sidawai Bagi Karyawan Di Dinas Perumahan Dan Kawasan Permukiman Bagian Sekretariat. Jurnal Abdi Insani, 10(2), 678–688. https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.941
Medan, S. M. K. I., Terang, J., Perangin, K., & Manurung, H. (2018). Pelatihan Pemanfaatan Edmodo untuk Mendukung Peningkatan Kualitas Pembelajaran di. 2(4), 18–22.
Rahmadoni, J., Arifnur, A. A., & Wahyuni, U. M. (2020). Penerapan Schoology Sebagai Learning Management System Bagi Guru Sman 1 Sutera. Jurnal Hilirisasi IPTEKS, 3(2), 129–137. https://doi.org/10.25077/jhi.v3i2.418
Rosa, N. M., Suryadi, A., & Adawiyah, R. (2022). Penggunaan Social Learning Network Sebagai Media Pembelajaran. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1327–1331. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.7536
Salim, S., Jazuli, L. O. A., Nurhayati, N., & Saputra, H. N. (2020). Pelatihan Penggunaan Platform Aplikasi E-learning Schoology Pada Guru SMA. Jurnal Pengabdian Dan Peningkatan Mutu Masyarakat (JANAYU), 1(2), 151–158. https://doi.org/10.22219/janayu.v1i2.11722
Sediyono, E., A. Hasibuan, Z., Setyawan, I., Purnama Harahap, E., & Darmawan, A. (2022). Pelatihan Pemanfaatan Website E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Online dengan Content Management System. ADI Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 64–73. https://doi.org/10.34306/adimas.v3i1.815
Sukamta, S., Arief, U. M., Subiyanto, S., Andrasto, T., Ekarini, F., Firdaus, A. A., & Rifaldi, A. (2020). Pelatihan Learning Management System Menggunakan Schoology Pada Guru Di Gugus Ki Hajar Dewantara Kabupaten Semarang. Jurnal Pemberdayaan: Publikasi Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 355–360. https://doi.org/10.12928/jp.v4i3.2849
Trisnawati, S. N. I. (2022). Pengembangan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Berbasis Learning Management System Schoology di SMK Muhammadiyah Delanggu. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 1–10.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khairul Imtihan, Ahmad Tantoni, Mohamad Fauzi Zulkarnaen, Wire Bagye, Maulana Ashari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.