Citra Merek: Peran Mediasi Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmestik

Authors

  • Nur Yatus Siyamah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus
  • Dina Lusianti * Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus
  • Rhealin Hening Karatri Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muria Kudus

Keywords:

Citra Merek, Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Kosmestik Wardah, Word of Mouth

Abstract

Produk Wardah merupakan kosmetik yang terkenal dengan ciri khas pada logo halalnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh word of mouth dan brand awareness terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening pada produk Wardah di kota jepara. Jenis penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen pengguna produk Wardah di jepara dengan jumlah sampel 132 responden. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) Amos versi 24. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) word of mouth berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap brand image; 2) brand awareness berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image; 3) word of mouth berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening; 4) brand awareness berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian melalui brand image sebagai variabel intervening; 5) brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada produk Wardah di kota jepara.

References

Amelfdi, F, J., & Elia A. (2021). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian. PERFORMA: Jurnal Manajemen dan Star-up Bisnis, 5 (6),473-482.

Ayesha, I. et al. (2022). Digital Marketing (Tinjauan Konseptual) (1st ed.). Padang Sumatera Barat. PT. Global Eksekutif Teknologi.

Banjaŕnahor, A. R. et al. (2021). Manajemen Komunikasi Pemasaran (1st ed.). Jakarta. Yayasan Kita Menulis.

Bara, A. K. et al. (2021). Sustainable Packaging Design Elements: The Analysis of Skincare Packaging on Consumer Purchase Decisions of Millennials. Journal of Business and Management Studies, 3(2), 249–255.

Chatterjee, R. S. et al. (2021). The influence of brand image for the online direct selling of a Malaysian micro-enterprise cosmetic brand: The mediating role of brand awareness. International Journal of Internet Marketing and Advertising, 15(5–6), 593–614. https://doi.org/10.1504/IJIMA.2021.118262

Fawzi, M. G. H. et al. (2022). Strategi Pemasaran Konsep, Teori dan Implementasi. Tangerang. Pascal Books.

Febriani, N. S., & Dewi, W. W. A. (2018). Teori Praktis Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu (1st ed.). Malang. UB Press.

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Firmansyah, A. (2018). Perilaku Konsumen (1st ed.). Yogyakarta. Deepublish.

____________, (2019). Buku Pemasaran Produk dan Merek (1st ed.). Surabaya. Qiara Media.

Frontier. (2022). Top Brand Index. Topbrandaward.Com. from https://www.topbrand-award.com/. Diakses tanggal 17 Maret 2023.

Ghozali, I. (2017). Model Persamaan Struktural Konsep dan Aplikasi dengan Program Amos 24 (7th ed.). Semarang. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Haasiani, N. (2022). Data Penjualan Kosmetik Wajah: Brand Lokal Kuat Bersaing. Compas.Com. https://compas.co.id/article/data-penjualan-kosmetik/. Diakses tanggal 20 Januari 2023.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran & Kepuasan Pelanggan (1st ed.). Surabaya. Unitomo Press.

Jauwcelinasari, F., & Yahya. (2019). Pengaruh Celebrity Endorser Dan Word Of Mouth Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Pada Produk Ponds. Jurnal Ilmu Dan Riset Pemasaran, 8, 1–16.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing (17th ed.). Italia. Pearson.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). America. Person Education.

Kusuma, A. H. P. et al. (2020). Brand Management : Esensi, Posisi dan Strategi (1st ed.). Medan. Yayasan Kita Menulis.

Latief, R. (2018). Word of Mouth Communication Penjualan Produk. Surabaya. Media Sahabat Cendekia.

Li, S. et al. (2021). Influences of background factors on consumers’ purchase intention in China’s organic food market: Assessing moderating role of word-of-mouth (WOM). Cogent Business and Management, 8(1), 1–27.

Mayasari, I. et al. (2020). Konsep Dan Studi Merek Lokal. Jakarta. Paramadina.

Miftah, A., & Pangiuk, A. (2020). Budaya Bisnis Muslim Jambi dalam Persepektif Kearifan Lokal (1st ed.). Malang. Ahli Media Press.

Nurmalasari, D., & Istiyanto, B. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Promosi dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Merek Wardah di Kota Surakarta. Jurnal Sinar Manajemen, 8(1), 42–49. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i1.1434

Priadana, S., & Sunarsi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif (1st ed.). Tangerang. Pascal Books.

Putri, D. et al. (2021). Brand Marketing (1st ed.). Bandung. Grup CV. Widina Media Utama.

Rianto, J. (2022). Semua Tentang Merek (1st ed.). Makassar. PT. Nas Media Indonesia.

Saleh, M. Y., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran (1st ed.). Makassar. CV Sah Media.

Sholikah et al. (2021). Manajemen Pemasaran: Saat Ini dan Masa Depan (1st ed.). Cirebon. Penerbit Insania.

Sitorus, O. F., & Utami, N. (2017). Strategi promosi pemasaran. Jakarta. Fkip Uhamka.

Sudarso, A. et al. (2020). Manajemen merek (1st ed.). Medan. Yayasan Kita Menulis.

Tusmawati, T. et al. (2022). Pengaruh Celebrity Endorser dan Word of Mouth Terhadap Purchase Intention Dimediasi oleh Brand Image. National Multidisciplinary Sciences, 1(3), 527–536.

Wardhana, A. (2022). Brand Image dan Brand Awareness The ART Of Branding. Bandung. Media Sains Indonesia.

Wedayanti, K. A., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Peran Brand Image Memediasi Pengauh Elektronik Word Of Mouth Dan Brand Awareness Terhadap Niat Beli. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(6), 2434–2454.

Wisnawa, I. M. B., Kartimin, I. W., & Hartini, N. M. (2022). Brand Dan E-Marketing Pariwisata (1st ed.). Yogyakarta. Deepublish.

Yang, Q. et al. (2022). Sustainable customer retention through social media marketing activities using hybrid SEM-neural network approach. Plos One, 17(3 March), 1–23. https://doi.org/10.1371/journal.pone.0264899

Zainurossalamia, S. (2020). Manajemen Pemasaran Teori & Strategi (1st ed.). Samarinda. Forum Pemuda Aswaja.

Zusrony, E. (2021). Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang. Yayasan Prima Agus Teknik.

https://wardahbeauty.com/. Diakses tanggal 7 Januari 2023.

Downloads

Published

2023-09-18

How to Cite

Siyamah, N. Y., Lusianti, D., & Karatri, R. H. (2023). Citra Merek: Peran Mediasi Pada Keputusan Pembelian Produk Wardah Kosmestik. Surplus: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 1(2), 285–297. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/sur/article/view/575