Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Advocacy Dengan Variabel Brand Trust Dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiktok Di Mahasiswa UINSU
Keywords:
Content Marketing, Customer Advocacy, Brand Trust, Customer EngagementAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji analisis Pengaruh Content Marketing Berpengaruh Terhadap Customer Advocacy Melalui Variabel Brand Trust Dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiktok Di Mahasiswa UINSU, baik itu secara parsial maupun secara simultan, dan juga secara path analysis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh variabel content marketing berpengaruh terhadap customer advocacy melalui variabel brand trust dan customer engagement sebagai variabel intervening. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan metode skala likert. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mahasiswa UINSU yang pengguna Tiktok yang berjumlah 100 orang dan di ambil dengan menggunakan random sampling dengan memakai rumus cross sectional. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis jalur (path analysis). Teknik Analisa data melalui program IBM SPSS statistic 25. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan untuk setiap uji parsial menyatakan signifikan dan berpengaruh positif antar variabel. Dimana dari hasil statistik menyatakan nilai α< 0,05. Dalam uji path analysis juga menyatakan terdapat pengaruh langsung dan pengaruh tidak langsung pada setiap variabel yang dihubungkan melalui variabel z. Dan juga secara simultan menunjukan bahwa terdapat variabel content marketing berpengaruh terhadap customer advocacy melalui variabel brand trust dan customer engagement sebagai variabel intervening, berdasarkan pada nilai F hitung 175,550 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05.
References
Aisy, R. R. (2021 ). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Loyalty Terhadap Keputusan Pembelian. Skripsi.
Alessandro Kevin Juventino, d. D. (2020). Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Loyalty dengan Customer Engagement dan Brand Trust sebagai Variabel Intervening pada E-Commerce Zalora Indonesia di Surabaya. Jurnal Universitas Kristen Petra.
Brodie, H. L. (2018). Customer engagement: Conceptual domain, fundamental propositions, and implications for research. Journal of Service Research, 252–271.
Brodie, R. L. (2016). Consumer Engagement in A Virtual Brand Community: An Exploratory Analysis”. Journal of Business Research, 105-114.
Dharmayanti, D. (2020). Analisa Pengaruh Content Marketing Terhadap Customer Advocacy dengan Brand Trust dan Customer Engagement Sebagai Variabel Intervening Pada Aplikasi Tiktok. Jurnal Strategi Pemasaran, 7(2), 1-12.
Diah Dharmayanti, S. P. (2020). Analisa Pengaruh Digital Marketing terhadap Brand Advocacy dengan Perceived Service Quality dan Customer Engagement sebagai Variabel Intervening pada Virtual Hotell Operator Reddoorz. Jurnal Universitas Kristen Petra.
Didin, H. d. (2020). Komunikasi Bisnis Menjadi Lebih Mudah. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Dyah Ika Kirana Jalantina, M. M. (2021, November ). Meningkatnya Repeat Purchasedengan Content Marketingdan Brand PerformanceMelalui Customer EngagementPada Konsumen Produk Fashion Merek Uniqlo. Vol 3, No 2,, Hal 251−262. doi:10.47065/ekuitas.v3i2.1160
Gummerus, J. V. (2019). Customer Engagement in a Facebook Brand Community. Management Research Review.
Higgins, E. (2017). Value from hedonic experience and engagement. Psychological Review, 439-460.
Imsar. (2018, Januari – Juni). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Ucok Durian Medan. Tansiq, Vol. 1, No. 2,.
Irianto, D. R. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Produk Mitra Bukalapak.
Kotler, P. &. (2017). Dasar-Dasar Pemasaran (Principles of Marketing. Jakarta:: Prenhallindo.
Kurniawati, B. B. (n.d.). The Influence of Content Marketing toward the Customer Engagement of Tokopedia Users in Yogyakarta. Journal Taman Vokasi.
Lau, G. T. (2017). Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty”. Journal of Market Focused Management, 4, 341-370.
Miranda, A. (2020). Analisa Pengaruh Digital Marketing terhadap Brand Advocacy dengan Perceived Service Quality dan Customer Engagement sebagai Variabel Intervening pada Virtual Hotel Operator. Jurnal Manajemen Pemasaran.
Muclich Ansori, a. I. (2019). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Surabaya: UNAIR.
Nurbaiti, R. A. (2022, January). Pengaruh analisis swot dalam e-business (studi kasus e-business shopee di kalangan mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara). Insight Management Journal, Volume 2, Issue 2, pages 54-61.
Rahmani, N. A. (2021). Metodologi Penelitian Ekonomi. Medan: Rahmadi Percetakan.
Rahmawati, E. (2017). Pengaruh Customer Engagement Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kepercayaan Merek Serta Dampaknya Pada Loyalitas Merek. .Jurnal Riset Ekonomi dan Manajement, 15, 246-21.
Sabunwala, Z. (2018). Impact of Celebrity Brand Endorsement on Brand Image and Product Purchases-A Study for Pune Region of India. International Journal of Research in Business Management.
Saputra, G. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Positif Ewom Terhadap Minat Beli Dengan Brand Trust Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Minat Beli Kartu Debit Gpn Bca Dikota Semarang) .
Sparks, B. &. (2018). The Role of customer engagement in building consumer loyalty to tourism brands. Journal of Travel Research, 1-15.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suwardi Lubis, &. V. (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Aplikasi TikTok (Studi Deskriptif Kuantitatif Aplikasi Tik Tok di Kalangan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP USU Stambuk 2015 dan 2016). Journal of Communication Studies (CJCS).
Syafina, L. (2018). Panduan Penelitian Kuantitatif Akuntansi. Medan: Febi Press.
Wahyuningrum, S. R. (2020). Statistika Pendidikan : Konsep Data Dan Peluang. Surabaya: CV. Jakad Media Publishing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisaa Putri Azzahra Nasution, Ahmad Amin Dalimunthe, Laylan Syafina
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.