Studi Tingkat Konsistensi Penulisan Format Sitasi Pada Jurnal Ilmiah

Authors

Keywords:

Tingkat konsistensi, Penulisan format, Sitasi, Jurnal ilmiah

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluatif. Sebagai evaluasi berarti hal ini merupakan bagian dari proses pembuatan keputusan, yaitu untuk membandingkan suatu kejadian, kegiatan, produk dengan standar dan program yang telah ditetapkan.  Tingkat konsistensi penulisan format sitasi pada jurnal terakreditasi Sinta nilai rata-rata 5,3 artikel atau sebesar 60,40%, sedangkan pada jurnal tidak terakreditasi nilai rata-rata 3,9 artikel atau sebesar 57,50%. Jika dibandingkan dengan jurnal terakreditasi, jurnal yang tidak terakreditasi tidak ada jurnal yang memiliki tingkat konsisensi 100% seperti pada jurnal terakreditasi Sinta. Namun, bila dilihat dari nilai rata-rata tingkat konsistensi, antara jurnal terakreditasi dan tidak terakreditasi terdapat selisih 2,90% saja, artinya di bawah angka 5%. Perlu dilakukan analisa statistik lanjutan pada analisa korelasi dan komparasi agar lebih mengetahui tingkat konsistensi lebih mendalam.

References

Hartono, N. (2019). Pentingnya Sitasi dalam Karya Ilmiah. Makassar : Sistem Informasi UIN Alauddin. http://sin.fst.uin-alauddin.ac.id/ pentingnya-sitasi-dalam-karya-ilmiah/ diakses : 29/09/2023.

Ilham. (1998). Apa itu sitasi. In Apa itu sitasi (pp. 1–9). https://osf.io/preprints/inarxiv/kebt3/

Istiana, P. (2013). Membuat Sitasi dan Daftar Pustaka. ResearchGate, May 2013. https://www.researchgate.net/publication/270050381_Membuat_Sitasi_dan_Daftar_Pustaka.

Nasution, B. (2021). Lokakarya Mahasiswa: Mengapa Sitasi Penting dalam Penulisan Akademik? Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Rusdiana, A. (2019). Panduan Penulisan Artikel Jurnal Ilmiah. Bandung: Program Pascasarjana Uin Sunan Gunung Djati.

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Mawardi, A. D. (2023). Studi Tingkat Konsistensi Penulisan Format Sitasi Pada Jurnal Ilmiah . EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 49–53. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/632