Pengembangan Media Bara (Balok Suara) Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar
Keywords:
BARA (Balok Suara), Media Pembelajaran, PengembanganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media (BARA) balok suara, kevalidan dan kepraktisan media (BARA) balok suara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wates yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Media (BARA) balok suara ini melalui tahap validasi dari 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Hasil penelitian dari ahli media mendapatkan hasil presentase 97% dengan kriteria “Sangat Valid” dan ahli materi mendapatkan hasil presentase 72% dengan kriteria “Valid’. Sedangakan rata-rata skor keseluruhan dari angket respon siswa mendapatkan hasil presentase 92% dengan kriteria “Sangat Valid” dan angket respon guru mendapatkan hasil presentase 93% dengan kriteria “Sangat Valid”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran (BARA) balok suaralayak dan dapat digunakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar.
References
Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4
Astutik, L. S., Suwandayani, B. I., & Agustin, U. L. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 79–87. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12413
Astutik, Leny Suryaning, Dwinata, A. ., & Syaipul Pahru. (2023). Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Gambar Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Gaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(01), 974–980. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3972
Fatria. (2017). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebai Media Pembelajaran.
Palupi, N. S., Zhafira, N. R., & Nurtama, B. (2019). Optimasi Formula Tahu Lembut Instan dan Rasio Air Rehidrasi dalam Pengembangan Wedang Tahu sebagai Pangan Fungsional. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 6(2), 63–71. https://doi.org/10.29244/jmpi.2019.6.63
Rivai. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762
Setiyorini, E. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-3014. 1, 53–72. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/345
Sumaji. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA. 1, 17–27.
Sutarti. (2017). Desain Pembelajaran Materi Hubungan Antar Garis Yang Mendukung Pemahaman Konsep Siswa. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 60. https://doi.org/10.33087/phi.v5i1.128
Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (Cpa) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14817.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ramadhan Fajar Gading Pangestu, Leny Suryaning Astutik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.