Pengembangan Media Bara (Balok Suara) Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar

Authors

  • Ramadhan Fajar Gading Pangestu* Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, Indonesia
  • Leny Suryaning Astutik Universitas Bhinneka PGRI Tulungagung, Indonesia

Keywords:

BARA (Balok Suara), Media Pembelajaran, Pengembangan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan media (BARA) balok suara, kevalidan dan kepraktisan media (BARA)  balok suara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 2 Wates yang berjumlah 20 siswa. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan 5 tahapan yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket. Media (BARA) balok suara ini melalui tahap validasi dari 2 orang ahli media dan 1 orang ahli materi. Hasil penelitian dari ahli media mendapatkan hasil presentase 97% dengan kriteria “Sangat Valid” dan ahli materi mendapatkan hasil presentase 72% dengan kriteria “Valid’. Sedangakan rata-rata skor keseluruhan dari angket respon siswa mendapatkan hasil presentase 92% dengan kriteria “Sangat Valid” dan angket respon guru mendapatkan hasil presentase 93% dengan kriteria “Sangat Valid”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran (BARA)  balok suaralayak dan dapat digunakan pada siswa kelas V Sekolah Dasar.

References

Amalia, A., Puspita Rini, C., & Amaliyah, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Karang Tengah 11 Kota Tangerang. SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, dan Pendidikan, 1(1), 33–44. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i1.4

Astutik, L. S., Suwandayani, B. I., & Agustin, U. L. (2020). Pengaruh Media Puzzle Terhadap Hasil Belajar Aksara Jawa di Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 8(1), 79–87. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v8i1.12413

Astutik, Leny Suryaning, Dwinata, A. ., & Syaipul Pahru. (2023). Efektivitas Model Inkuiri Berbantuan Gambar Ilustrasi Terhadap Kemampuan Mendeskripsikan Gaya Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Ed-Humanistics : Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(01), 974–980. https://doi.org/10.33752/ed-humanistics.v8i01.3972

Fatria. (2017). Efektivitas Penggunaan Youtube Sebai Media Pembelajaran.

Palupi, N. S., Zhafira, N. R., & Nurtama, B. (2019). Optimasi Formula Tahu Lembut Instan dan Rasio Air Rehidrasi dalam Pengembangan Wedang Tahu sebagai Pangan Fungsional. Jurnal Mutu Pangan: Indonesian Journal of Food Quality, 6(2), 63–71. https://doi.org/10.29244/jmpi.2019.6.63

Rivai. (2018). Peran Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 33. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11762

Setiyorini, E. (2015). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Boyolangu Tulungagung Tahun Pelajaran 2013-3014. 1, 53–72. http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/345

Sumaji. (2015). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SD Pada Pembelajaran IPA. 1, 17–27.

Sutarti. (2017). Desain Pembelajaran Materi Hubungan Antar Garis Yang Mendukung Pemahaman Konsep Siswa. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 60. https://doi.org/10.33087/phi.v5i1.128

Widiastuti, E., & Sagoro, E. M. (2017). Pengembangan Crossword Puzzle Accounting (Cpa) Berbasis Elektronik Sebagai Media Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 15(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v15i1.14817.

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Pangestu, R. F. G., & Astutik, L. S. (2023). Pengembangan Media Bara (Balok Suara) Materi Penggolongan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 42–48. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/627