Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Inkuiri Terbimbing Divariasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Seranggan 2 Sungai Raya

Authors

  • Aditya Hartini Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Keywords:

Materi IPA, Inkuiri, NHT

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Seranggan 2 Sungai Raya semester 2 dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis disetiap pertemuan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 21 dengan kriteria baik, pertemuan 2 mencapai skor 24 dengan kriteria sangat baik, dan pada pertemuan 3 mencapai skor 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pertemuan 1 mencapai persentase 60%, pada pertemuan 2 mencapai persentase 100%, dan meningkat pada pertemuan 3 mencapai persentase 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai persentase 40%, pertemuan 2 mencapai persentase 80%, dan pertemuan 3 mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan variasi model Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) dapat melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.

References

Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Gava Media.

Fauzi. Achmad. (2017). Belajar dan Pembelajaran Menelaah dan Mengakaji Teori, Model Model, Konsep Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Penerbit K-Media. Yogyakarta.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Warso. Doso Dwi Wasisto Agus. (2014). Proses Pembelajaran dan Penilaiannya di SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK. Graha Cendekia.Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Hartini, A. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Inkuiri Terbimbing Divariasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Seranggan 2 Sungai Raya. EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 28–37. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/620