Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Gaya Melalui Model Inkuiri Terbimbing Divariasi Dengan Numbered Heads Together (NHT) Pada Siswa Kelas IV SDN Seranggan 2 Sungai Raya
Keywords:
Materi IPA, Inkuiri, NHTAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan untuk meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Seranggan 2 Sungai Raya semester 2 dengan jumlah siswa sebanyak 5 orang yang terdiri dari 5 orang laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan siswa dan data kuantitatif diperoleh melalui teknik pengukuran dengan tes tertulis disetiap pertemuan. Analisis data dihitung berdasarkan skala persentase dan indikator keberhasilan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 mencapai skor 21 dengan kriteria baik, pertemuan 2 mencapai skor 24 dengan kriteria sangat baik, dan pada pertemuan 3 mencapai skor 27 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa secara klasikal pertemuan 1 mencapai persentase 60%, pada pertemuan 2 mencapai persentase 100%, dan meningkat pada pertemuan 3 mencapai persentase 100%. Ketuntasan klasikal hasil belajar pada pertemuan 1 mencapai persentase 40%, pertemuan 2 mencapai persentase 80%, dan pertemuan 3 mencapai 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan variasi model Inkuiri Terbimbing dengan Numbered Heads Together (NHT) dapat melaksanakan aktivitas guru dengan sangat baik, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa.
References
Daryanto. (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi. Yogyakarta: Gava Media.
Fauzi. Achmad. (2017). Belajar dan Pembelajaran Menelaah dan Mengakaji Teori, Model Model, Konsep Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Penerbit K-Media. Yogyakarta.
Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajawali Pers.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Suprihatiningrum, Jamil. (2014). Strategi Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Warso. Doso Dwi Wasisto Agus. (2014). Proses Pembelajaran dan Penilaiannya di SD/MI/SMP/MTs/SMA/MA/SMK. Graha Cendekia.Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aditya Hartini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.