Komponen Penentu Keberhasilan Pendidikan Kejuruan
Keywords:
Komponen penentu, Keberhasilan pembelajaran, KejuruanAbstract
Peserta didik adalah asset dan potensi bangsa. Sekolah adalah salah satu pembentuk atau Lembaga yang melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang bertanggung jawab atas kualitas dan tidak hanya kuantitas yang dihasilkan. Keberhasilan pembelajaran banyak dipengaruhi oleh banyak faktor baik yang menghambat ataupun mendukung, baik faktor internal atau eksternal dari sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang komponen penentu keberhasilan proses pembelajaran di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Komponen yang dominan berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III antara lain adalah motivasi peserta didik, peran orang tua, komite sekolah, pandemic covid 19, Dunia Industri dan manajemen pembelajaran. Simpulan yang dapat diambil adalah faktor pendukung harus terus ditingkatkan dan faktor penghambat sedapat mungkin diminimalkan. Peran serta terutama Sumber Daya Manusia perlu selalu dibina karena merupakan subyek perubahan agar menuju kearah yang lebih baik.
References
Amran. (2015). Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Satuan Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2), 185-196.
Anggraeni, ND; Yoto; dan Basuki;. (2015). Studi tentang Peran Serta Orang Tua dan Dunia Usaha/Industri dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Teknik Mesin, (23)1.
Ariana, N. (2016). Studi Dampak Perubahan Status Sekolah menjadi Sekolah Negeri pada Sikap Siswa Program Study Teknik Survey Pemetaan SMK PU Negeri Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia, 7.
Indriaturrahmi dan Sudiyatno;. (2016). Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Penyelenggaraan SMK Berbasis Kearifan Lokal di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, (6)2.
Minsih; Rusnilawati; dan Mujahid, I;. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, (6)1.
Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Mulyono, W. D., & Pardjono. (2014). Peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan SMK di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 391-404.
Napitupulu, M. (2019). Peran Pengawas Sekolah SMK dalam Mningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. di akses 7 April 2022 dari prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/38842/3/ATP%2063.pdf
Priansa, D. Somad, JR. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta
Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598.
Soleh, A., Pramono, & Suratno. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-komponennya. Jurnal PTM , (9)2.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.
Soviyanto. (2022, Januari 19). Visi dan Misi SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. (M. Rojaki, Interviewer)
Suhelayanti, Aziz, M. R., Sari, D. C., Purba, S., Revida, E., Purba, R. A., . . . Simarmata, J. (2020). Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis
Vananda, R. (2018). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Kejuruan Untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Diakses 6 April 2022 dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang
Wagiran. 2010. Peran guru dalam mengembangkan karakter pada pendidikan kejuruan di era global. (Makalah, Fakultas Teknik UNY, 22 Mei 2010) diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132297916/penelitian/Peran+guru+dalama+pendidika++karakter.pdf
Yuliana, B., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Implementasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Tambusai, (5)3, 6350-6360.
Yuliani A. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Much Rojaki, Belvi Yuliana

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.