Komponen Penentu Keberhasilan Pendidikan Kejuruan

Authors

  • Much Rojaki* Agribisnis Ternak SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III, Banyuasin, Sumatera Selatan, Indonesia
  • Belvi Yuliana Agribisnis Tanaman SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III, Banyuasin, Sumatera Selatan, Indonesia

Keywords:

Komponen penentu, Keberhasilan pembelajaran, Kejuruan

Abstract

Peserta didik adalah asset dan potensi bangsa. Sekolah adalah salah satu pembentuk atau Lembaga yang melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia yang bertanggung jawab atas kualitas dan tidak hanya kuantitas yang dihasilkan.  Keberhasilan pembelajaran banyak dipengaruhi oleh banyak faktor baik yang menghambat ataupun mendukung, baik faktor internal atau eksternal dari sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang komponen penentu keberhasilan proses pembelajaran di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.  Komponen yang dominan berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III antara lain adalah motivasi peserta didik, peran orang tua, komite sekolah, pandemic covid 19, Dunia Industri dan manajemen pembelajaran.  Simpulan yang dapat diambil adalah faktor pendukung harus terus ditingkatkan dan faktor penghambat sedapat mungkin diminimalkan. Peran serta terutama Sumber Daya Manusia perlu selalu dibina karena merupakan subyek perubahan agar menuju kearah yang lebih baik.

References

Amran. (2015). Faktor Penentu Keberhasilan Pengelolaan Satuan Pendidikan. Manajer Pendidikan: Jurnal Ilmiah Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana, 9(2), 185-196.

Anggraeni, ND; Yoto; dan Basuki;. (2015). Studi tentang Peran Serta Orang Tua dan Dunia Usaha/Industri dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Teknik Mesin, (23)1.

Ariana, N. (2016). Studi Dampak Perubahan Status Sekolah menjadi Sekolah Negeri pada Sikap Siswa Program Study Teknik Survey Pemetaan SMK PU Negeri Jawa Barat. Universitas Pendidikan Indonesia, 7.

Indriaturrahmi dan Sudiyatno;. (2016). Peran Dunia Usaha dan Dunia Industri dalam Penyelenggaraan SMK Berbasis Kearifan Lokal di Kota Mataram. Jurnal Pendidikan Vokasi, (6)2.

Minsih; Rusnilawati; dan Mujahid, I;. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Membangun Sekolah. Profesi Pendidikan Dasar, (6)1.

Mulyasa, E. (2011). Manajemen Berbasis Sekolah. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyono, W. D., & Pardjono. (2014). Peran komite sekolah dalam penyelenggaraan pendidikan SMK di Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(3), 391-404.

Napitupulu, M. (2019). Peran Pengawas Sekolah SMK dalam Mningkatkan Mutu Pendidikan di Era 4.0. di akses 7 April 2022 dari prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNIMED. http://digilib.unimed.ac.id/38842/3/ATP%2063.pdf

Priansa, D. Somad, JR. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Alfabeta

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598.

Soleh, A., Pramono, & Suratno. (2009). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Siswa Kelas 2 TMO SMK Texmaco Semarang pada Mata Diklat Service Engine dan Komponen-komponennya. Jurnal PTM , (9)2.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta.

Soviyanto. (2022, Januari 19). Visi dan Misi SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. (M. Rojaki, Interviewer)

Suhelayanti, Aziz, M. R., Sari, D. C., Purba, S., Revida, E., Purba, R. A., . . . Simarmata, J. (2020). Manajemen Pendidikan. Medan: Yayasan Kita Menulis

Vananda, R. (2018). Perkembangan Kurikulum Pendidikan Kejuruan Untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri. Diakses 6 April 2022 dari Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang

Wagiran. 2010. Peran guru dalam mengembangkan karakter pada pendidikan kejuruan di era global. (Makalah, Fakultas Teknik UNY, 22 Mei 2010) diakses dari http://staffnew.uny.ac.id/upload/132297916/penelitian/Peran+guru+dalama+pendidika++karakter.pdf

Yuliana, B., Fitria, H., & Martha, A. (2021). Implementasi Pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan Di SMK Unggul Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Tambusai, (5)3, 6350-6360.

Yuliani A. (2017). Pengaruh Lingkungan Belajar dan Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2023-11-03

How to Cite

Rojaki, M., & Yuliana, B. (2023). Komponen Penentu Keberhasilan Pendidikan Kejuruan. EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 19–27. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/619