Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI Wamena Pada Materi Segitiga
Keywords:
LKS, Hasil Belajar, SegitigaAbstract
Lembaga pendidikan memegang peranan penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah-tengah masyarakat dalam menghadapi era globalisasi. Guru merupakan salah satu bagian dari lembaga pendidikan yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan siswa. Sehingga, guru harus memiliki berbagai strategi agar pelajaran yang diberikan dapat disenangi dan dipahami oleh siswa. Penggunaan LKS terhadap Hasil Belajar Siswa ini merupakan pembelajaran yang dimana siswa di tuntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran.Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI Wamena. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII a. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS) dan Teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan hasil 1,278 dan Sehingga diperoleh bahwa < yang berarti Tidak ada pengaruh yang siginifikan dalam penggunaan LKS terhadap hasil belajar matematika pada materi segitiga siswa kelas VII SMP PGRI Wamena yang dapat disebabkan oleh masih sulitnya siswa memahami pelajaran matematikan dan kemampuan awal yang sangat rendah. Berdasarkan hasil tes data peneliti di temukan bahwa hasil belajar pada pre-test dengan skor rata-rata 24,6 dan meningkat pada post-test dengan skor rata-rata 67,5.
References
Arumingtyas, P. (2007). Studi tentang Cara Belajar Siswa dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II di SMK Batik Surakarta Tahun Diklat 2005/2006.
Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono, (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta dan Depdikbud.
Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Fahrie. (2012). Lembar Kerjas Siswa (LKS). (On line). (http://fahrie13.blogspot.com/2012/06/lembar-kerja-siswa-lks.html. Diakses 2 September 2023.
Kusmanto, Sujari. (2014). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No.3, November 2014. FKIP Universitas Sarjanawiyata Taman siswa Yogyakarta.
Majid, Abdul. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Margono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nursinar. (2017). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 4, Desember 2017, 690.
Paliling, J.S. (2013). Pengaruh Model Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla”. Jurnal KIP Vol II No.3 November 2013.
R. Ibrahim dan Nana Syaodih. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudiati, 2003. Lembar Kerja Siswa. (online) (http://www.sarjanaku.com/2011/02/lks-lembar-kerja-siswa.html, diakses tanggal 4 September 2023)
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana. (2016). Statisika Pendidikan Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran Konsep dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.
Suryani I., Mardiati Y., Herlanti Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Jurnal Edusains, 8(2):150-156.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Lepinus Gombo, Mindo H. Sinambela, Sutarman Borean, Rianti Parapa

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.