Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI Wamena Pada Materi Segitiga

Authors

  • Lepinus Gombo STKIP Abdi Wacana, Wamena, Papua Pegunungan, Indonesia
  • Mindo H. Sinambela* STKIP Abdi Wacana, Wamena, Papua Pegunungan, Indonesia
  • Sutarman Borean STKIP Abdi Wacana, Wamena, Papua Pegunungan, Indonesia
  • Rianti Parapa STKIP Abdi Wacana, Wamena, Papua Pegunungan, Indonesia

Keywords:

LKS, Hasil Belajar, Segitiga

Abstract

Lembaga pendidikan memegang peranan penting dalam upaya peningkatan sumber daya manusia untuk mampu bersaing di tengah-tengah masyarakat dalam menghadapi era globalisasi. Guru merupakan salah satu bagian dari lembaga pendidikan yang memiliki peranan penting dalam meningkatkan kemampuan siswa. Sehingga, guru harus memiliki berbagai strategi agar pelajaran yang diberikan dapat disenangi dan dipahami oleh siswa. Penggunaan LKS terhadap Hasil Belajar Siswa ini merupakan pembelajaran yang dimana siswa di tuntut untuk lebih aktif dalam pembelajaran.Metode penelitian adalah kuantitatif dengan jenis penelitian ini eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP PGRI Wamena. Sampel pada penelitian ini adalah kelas VII a. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar kerja siswa (LKS) dan Teknik dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji t dengan hasil  1,278 dan  Sehingga diperoleh bahwa <  yang berarti Tidak ada pengaruh yang siginifikan dalam penggunaan LKS terhadap hasil belajar matematika pada materi segitiga siswa kelas VII SMP PGRI Wamena yang dapat disebabkan oleh masih sulitnya siswa memahami pelajaran matematikan dan kemampuan awal yang sangat rendah. Berdasarkan hasil tes data peneliti di temukan  bahwa  hasil belajar pada pre-test dengan skor rata-rata 24,6 dan meningkat pada post-test dengan skor rata-rata 67,5.

References

Arumingtyas, P. (2007). Studi tentang Cara Belajar Siswa dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar pada Siswa Kelas II di SMK Batik Surakarta Tahun Diklat 2005/2006.

Arikunto. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Dalyono. (2015). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati dan Mudjiono, (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta dan Depdikbud.

Djaali. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Fahrie. (2012). Lembar Kerjas Siswa (LKS). (On line). (http://fahrie13.blogspot.com/2012/06/lembar-kerja-siswa-lks.html. Diakses 2 September 2023.

Kusmanto, Sujari. (2014). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2 No.3, November 2014. FKIP Universitas Sarjanawiyata Taman siswa Yogyakarta.

Majid, Abdul. (2014). Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Margono. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Moleong. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir. (2014). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nursinar. (2017). Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, sains, dan Humaniora Vol. 3 No. 4, Desember 2017, 690.

Paliling, J.S. (2013). Pengaruh Model Diskusi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sangalla”. Jurnal KIP Vol II No.3 November 2013.

R. Ibrahim dan Nana Syaodih. (2010). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Sudiati, 2003. Lembar Kerja Siswa. (online) (http://www.sarjanaku.com/2011/02/lks-lembar-kerja-siswa.html, diakses tanggal 4 September 2023)

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitaf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sundayana. (2016). Statisika Pendidikan Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sunhaji. (2009). Strategi Pembelajaran Konsep dasar, Metode, dan Aplikasi dalam Proses Belajar Mengajar. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Suryani I., Mardiati Y., Herlanti Y. (2016). Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Gerak Manusia. Jurnal Edusains, 8(2):150-156.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu, Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam KTSP. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Gombo, L., Sinambela, M. H., Borean, S., & Parapa, R. (2023). Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP PGRI Wamena Pada Materi Segitiga. EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 13–18. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/616