Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Kepemimpian Transformasional Kepala Sekolah
Keywords:
Persepsi guru, Kepemimpinan transformasional, Supervisi akademik, Kepala sekolahAbstract
Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Banjarmasin Timur. Berarti yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di SD Negeri saja, sedang guru SD Swasta tidak termasuk populasi penelitian. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 389 orang guru SD. Pengambilan jumlah sampel dari setiap sekolah dilakukan dengan secara proporsional random sampling berjumlah 111 sampel. Kesimpulan yang diambil dapat dikatakan bahwa para guru (responden) sebanyak 109 orang di wilayah Banjarmasin Timur berpendapat bahwa kepemimpinan transformasional berperan Baik pada kegiatan supervisi akademik di sekolah tersebut dengan tingkat jawaban 98,2%, hanya 2 orang atau 1,8% yang menjawab perannya Sedang.
References
Mulyasa, E (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nguni, S. C. (2005). A Study of the Effects of Transformational Leadership on Teachers‟ Job Satisfaction, Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behaviour in Tanzanian Primary and Secondary Schools, Doctoral thesis , Universiteit Nijmegen, 245. Permendiknas No. 13 Tahun 2007. Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.
Prasojo, L. D. dan Sudiyono (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.
Priansa, D. J dan Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.
Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Maneggio : Jurnal Ilmiah /magister Pendidikan. Vol 3, No 2 (2020). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5291
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba 4.
Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perkasa.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rina Fadliah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.