Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Kepemimpian Transformasional Kepala Sekolah

Authors

  • Rina Fadliah Universitas Achmad Yani, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Keywords:

Persepsi guru, Kepemimpinan transformasional, Supervisi akademik, Kepala sekolah

Abstract

Penelitian ini menggunakan rancangan ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Banjarmasin Timur.  Berarti yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar di SD Negeri saja, sedang guru SD Swasta tidak termasuk populasi penelitian. Total populasi dalam penelitian ini sebanyak 389 orang guru SD. Pengambilan jumlah sampel dari setiap sekolah dilakukan dengan secara proporsional random sampling berjumlah 111 sampel.  Kesimpulan yang diambil dapat dikatakan bahwa para guru (responden) sebanyak 109 orang di wilayah Banjarmasin Timur berpendapat bahwa kepemimpinan transformasional berperan Baik pada kegiatan supervisi akademik di sekolah tersebut dengan tingkat jawaban 98,2%, hanya 2 orang atau 1,8% yang menjawab perannya Sedang.

References

Mulyasa, E (2011). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E (2013). Uji Kompetensi Dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nguni, S. C. (2005). A Study of the Effects of Transformational Leadership on Teachers‟ Job Satisfaction, Organizational Commitment and Organizational Citizenship Behaviour in Tanzanian Primary and Secondary Schools, Doctoral thesis , Universiteit Nijmegen, 245. Permendiknas No. 13 Tahun 2007. Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah.

Prasojo, L. D. dan Sudiyono (2011). Supervisi Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Priansa, D. J dan Somad, R. (2014). Manajemen Supervisi dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Riduwan. (2013). Belajar Mudah Penelitian Untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rivai, A. (2020). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Maneggio : Jurnal Ilmiah /magister Pendidikan. Vol 3, No 2 (2020). https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i2.5291

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2012). Perilaku Organisasi. Edisi Ke-12. Jakarta: Salemba 4.

Sudijono, A. (2018). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Perkasa.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-11-01

How to Cite

Fadliah, R. (2023). Persepsi Guru Tentang Pelaksanaan Supervisi Akademik Dalam Kepemimpian Transformasional Kepala Sekolah. EduCurio: Education Curiosity, 2(1), 1–6. Retrieved from https://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/610