Program Kampus Mengajar Angkatan 3 Dalam Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pembelajaran Dan Kegiatan Ekstrakulikuler Di SDN Benteng 01 Ciampea, Bogor
Keywords:
Kampus Mengajar, Pembelajaran, Kegiatan EkstrakulikulerAbstract
Program kampus mengajar ini sangat membantu dalam memajukan pendidikan Indonesia karena dengan hadirnya mahasiswa di sekolah memberi dampak dan perubahan yang baik supaya tercipta pemerataan pendidikan di Indonesia. Kegiatan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri Benteng 01 Ciampea Bogor ini telah berlangsung selama kurang lebih 4 bulan atau 18 minggu. Rangkaian kegiatan selama melaksanakan tugas kampus mengajar sesuai dengan program kerja diantaranya aspek kegiatan mengajar, adaptasi teknologi, administrasi dan pengembangan siswa dan ekstrakulikuler. Membuahkan hasil positif seperti tumbuhnya semangat belajar siswa di sekolah, meningkatnya rasa percaya diri pada siswa, bertambahnya pengetahuan mengenai teknologi pada guru dan siswa serta administrasi sekolah yang lebih tertata. Dari sisi mahasiswa dapat menambah wawasan dengan mengenal budaya dan adat istiadat sehingga dapat memperkuat rasa kebinekaan, juga kemampuan beradaptasi untuk membawa diri di lingkungan baru.
References
Kemendikbud RI. (2022). Latar Belakang Kampus Merdeka. Retrieved from http://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kemendikbudristek-lepas-16-757-mahasiswa-kampus-mengajar-angkatan-3-tahun-2022/
Panduan Kampus Mengajar. (2022). Panduan Kampus Mengajar.
Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.
Thuba Imam Fauzi, Dwi Nur Umi Rahmawati, Nurmaita Puji Astuti (2021). Program Kampus Mengajar (PKM) Sebagai Usaha Peningkatan Pembelajaran Peserta Didik di SDN 127 Sungai Arang, Bungo Dani, Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Candra Hidayat, Muhamad Randy Akbar, Muhammad Qori Husein, Melati Sintia Rusmana, Nur Fatimah, Saila Qothrin Nada, Eka Sri Nuryani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.