Analisis Keterlaksanaan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN 5 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek

Authors

  • Nindi Novita Sari* Universitas Bhinneka PGRI, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia
  • Nugrananda Janattaka Universitas Bhinneka PGRI, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia

Keywords:

Grade 4 Elementary School, Project-based learning Model, Indonesian Language Learning

Abstract

Model pembelajaran project based learning diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam mempelajari materi, mengembangkan potensi anak usia sekolah dasar, selain itu model pembelajaran project based learning diharapkan bisa menghasilkan sebuah produk yang dapat mengasah kemampuan belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Begitupun di kelas 4 SDN 5 Cakul, Guru kelas mengatakan bahwa di kelas 4 memang telah menggunakan model pembelajaran project based learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia, namun fakta dilapangan masih ada permasalahan yang ditemukan pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlaksanaan model project based learning dalam pembelajaran bahasa Indonesia kelas 4 SDN 5 cakul. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah guru kelas dan siswa kelas 4. Penelitian dilaksanakan di SDN 5 Cakul kecamatan Dongko kabupaten Trenggalek. Informan diambil sebanyak 16 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk penerapan model project based learning, memberikan pertanyaan mendasar masuk dalam kategori sudah baik dengan presentase 73%, penerapan mendesain perencanaan produk masuk dalam kategori kurang baik dengan presentase 49%, penerapan menyusun jadwal masuk dalam kategori cukup baik dengan presentase 66%, penerapan pemonitoran peserta didik dan kemajuan proyek masuk dalam kategori kurang baik dengan presentase 52%, penerapan pengujian hasil masuk dalam kategori kurang baik dengan presentase 53%, serta penerapan mengevaluasi pengalaman masuk dalam kategori cukup baik dengan presentase 61%.

References

Alfikri, Muhammad Zarsa. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Sisw Kelas VII melalui Pendekatan Berbasis Masalah (PBM). Prosiding DPNPM Unindra.

Amir, Taufik. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Cut, dkk. (2019). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Brain Based Learning, Jurnal Didaktik, Vol. 6, No. 1, hal. 12-27.

Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 183–193.

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 2nd ed.). ALFABETA CV.

Safrina, D. (2019). Keterampilan Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Menggunakan Model Project based learning (PjBL). https://repository.arraniry.ac.id/id/eprint/10845/1/DewiSafrina%2C150207037%2C FTK%2C PBL.pdf

Putri, D. A. (2019). Hubungan Berpikir Kreatif dengan Kreativitas Siswa dalam Membuat Media Pembelajaran Biologi dari Barang Bekas dalam Pembelajaran Konsep Sel dengan PJBL. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/48698

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104

Suranti, N. M. Y., Gunawan, G., & Sahidu, H. (2017). Pengaruh Model Project based learning Berbantuan Media Virtual Terhadap Penguasaan Konsep Peserta didik pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika Dan 62 Teknologi, 2(2), 73. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.292

Pinasti, I. I., Rohmadi, M. & Rakhmawati, A. 2018. Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis kurikulum 2013 (studi kasus pembelajaran teks ulasancerpen di kelas VIII SMP Negeri 2 Ngawi). BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 6(1), 155-167.

Agesti, M., Ananthia, W., Muliasari, D. N., Harun, C. A. & Silawati, E. (2018). Child’s Sundanese story dictation: A case study of a 5-year- Indonesianchild. Early Childhood Research Journal, 1(1), 29-38. Diperoleh dari: http://journals.ums.ac.id/index.php/ecr

Abidin, Y. (2015). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

Agustina, E. S. (2017). Pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks: Representasi kurikulum 2013. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 18(1), 84-99.

Ali, M. (2013). Penelitian kependidikan prosedur dan strategi. Edisi Revisi. Bandung: CV Angkasa.

Sri, R. M. (2021). Kesulitan proses berpikir kreatif matematis siswa dalam pembelajaran berbasis masalah kelas x di sma negeri 1 na. Ix-x labuhanbatu utara. Skripsi. http://repository.uinsu.ac.id/11215/1/SRI%20RAHMADEWI%20MUNTHE%20%280305161030%29.pdf

Ovia, S. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif dalamtekscerita pendek karya siswa kelas v sekolah dasar. http://repository.upi.edu/56432/5/S_PGSD_1607844_Title.pdf

Rahmi, S. F. (2021). Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Kreatif dan Inovatif. file:///C:/Users/kopral/Downloads/Rahmi%20Septia%20Frisye%20-%2021016164%20-%20UTS%20Menulis%20Esai.pdf

Downloads

Published

2023-07-29

How to Cite

Sari, N. N., & Janattaka, N. (2023). Analisis Keterlaksanaan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN 5 Cakul Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. EduCurio: Education Curiosity, 1(3), 844–849. Retrieved from http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/501