Dampak Aplikasi Tiktok Pada Perilaku Siswa Kelas V Di SDN 1 Kapuh Tengah
Keywords:
Dampak, Aplikasi Tiktok, Perilaku SiswaAbstract
Penelitian ini dilakukan dalam rangka mencari tahu dampak aplikasi tiktok pada perilaku siswa kelas V di SDN 1 Kapuh Tengah, menggali informasi dengan cara observasi dan wawancara dengan guru kelas dan orang tua siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang menekankan pada pemahaman mengenai masalah-masalah dalam lingkungan sosial berdasarkan kondisi realitas atau natural setting yang holistis , kompleks dan rinci. Hasil dari penelitian ini yaitu dari 12 orang siswa hanya 5 orang siswa yang aktif menggunakan tiktok, terdapat perubahan perilaku pada siswa seperti : Lebih aktif dan ekspresif, rasa ingin tahunya tinggi, lebih update dalam hal mengetahui berita yang sedang diperbincangkan, lebih percaya diri, lebih ceria, sering bermalas-malasan, dan emosinya kadang naik turun.
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Sukabumi: CV. Jejak.
Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital . ACIEDSS 2019, 308.
Brogan, C. (2010). Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online . New Jersey: Jhon Willey adn Sons.
DataIndonesia.id. (2023, 03 Februari). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Diakses pada 30 April 2023, dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023
DataIndonesia.id. (2023, 20 Februari). Pengguna TikTok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia pada Awal 2023. Diakses pada 30 April 2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia-pada-awal-2023
Dewi, M. (2023). Metode Penelitian Research is Fun. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.
Jayanata, Gustafian. (2022). Dampak Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. E-repository perpustakaan IAIN Bengkulu, h.6.
Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media Grup.
Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.
Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 –7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 91.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Utami, A. D., Nujiana, S., & Hidayat, D. (2021). Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi COVID-19. MEDIALOG:Jurnal IlmuKomunikasi, 43.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Annisa Meilida
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
License and Copyright Agreement
- Authors retain copyright and other proprietary rights related to the article.
- Authors retain the right and are permitted to use the substance of the article in their own future works, including lectures and books.
- Authors grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution License (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post or self-archive their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.