Dampak Aplikasi Tiktok Pada Perilaku Siswa Kelas V Di SDN 1 Kapuh Tengah

Authors

  • Annisa Meilida Universitas Achmad Yani Banjarmasin, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia

Keywords:

Dampak, Aplikasi Tiktok, Perilaku Siswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan dalam rangka mencari tahu dampak aplikasi tiktok pada perilaku siswa kelas V di SDN 1 Kapuh Tengah, menggali informasi dengan cara observasi dan wawancara dengan guru kelas dan orang tua siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif yang menekankan pada pemahaman mengenai masalah-masalah dalam lingkungan sosial berdasarkan kondisi realitas atau natural setting yang holistis , kompleks dan rinci. Hasil dari penelitian ini yaitu dari 12 orang siswa hanya 5 orang siswa yang aktif menggunakan tiktok, terdapat perubahan perilaku pada siswa seperti : Lebih aktif dan ekspresif, rasa ingin tahunya tinggi, lebih update dalam hal mengetahui berita yang sedang diperbincangkan, lebih percaya diri, lebih ceria, sering bermalas-malasan, dan emosinya kadang naik turun.

References

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif . Sukabumi: CV. Jejak.

Azis, T. N. (2019). Strategi Pembelajaran Era Digital . ACIEDSS 2019, 308.

Brogan, C. (2010). Social Media 101 Tactic and Tips to Develop Your Business Online . New Jersey: Jhon Willey adn Sons.

DataIndonesia.id. (2023, 03 Februari). Pengguna Media Sosial di Indonesia Sebanyak 167 Juta pada 2023. Diakses pada 30 April 2023, dari https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-media-sosial-di-indonesia-sebanyak-167-juta-pada-2023

DataIndonesia.id. (2023, 20 Februari). Pengguna TikTok Indonesia Terbesar Kedua di Dunia pada Awal 2023. Diakses pada 30 April 2023. https://dataindonesia.id/digital/detail/pengguna-tiktok-indonesia-terbesar-kedua-di-dunia-pada-awal-2023

Dewi, M. (2023). Metode Penelitian Research is Fun. Padang: CV. Muharika Rumah Ilmiah.

Jayanata, Gustafian. (2022). Dampak Media Sosial TikTok Terhadap Perilaku Siswa Sekolah Dasar Negeri 42 di Desa Padang Peri Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma. E-repository perpustakaan IAIN Bengkulu, h.6.

Nasrullah, R. (2016). Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia). Jakarta: Prenada Media Grup.

Ramadhan, M. (2021). Metode Penelitian. Surabaya: Cipta Media Nusantara.

Sabani, F. (2019). Perkembangan Anak-anak Selama Masa Sekolah Dasar (6 –7 Tahun). Didaktika: Jurnal Kependidikan, 91.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Utami, A. D., Nujiana, S., & Hidayat, D. (2021). Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi COVID-19. MEDIALOG:Jurnal IlmuKomunikasi, 43.

Downloads

Published

2023-05-13

How to Cite

Meilida, A. (2023). Dampak Aplikasi Tiktok Pada Perilaku Siswa Kelas V Di SDN 1 Kapuh Tengah. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 595–604. Retrieved from http://qjurnal.my.id/index.php/educurio/article/view/353